Penghujan Datang, Ponorogo Siapkan Relawan Bencana

Musim penghujan sebentar lagi datang. Ancaman bencana banjir dan tanah longsor pun nampak di depan mata. Untuk mengantisipasinya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo bersama Dompet Dhuafa menggelar pelatihan relawan tanggap bencana dan water rescue di Telaga Ngebel.

Pelatihan para relawan ini diikuti oleh tak kurang dari 60 orang yang sebelumnya telah diberi materi teori bagaimana prosedur untuk melakukan pertolongan dan evakuasi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Khomarudin Amir, perwakilan Dompet Dhuafa Jakarta menuturkan, pelatihan ini diikuti oleh para mahasiswa pecinta alam, klaster mandiri, komunitas geng motor dan para pengamen yang memiliki kepedulian.
“Kita menjaring relawan dan kita latih dengan tujuan utamanya adalah memastikan tim BPBD bahwa Dompet Dhuafa telah memiliki relawan yang siap diterjunkan untuk membantu memberikan pertolongan bila sewaktu-waktu terjadi bencana,” ucap Khomarudin.

Sementara itu, Hery Suyono dari BPBD Ponorogo menuturkan, kerawanan bencana alam di Ponorogo cukup riskan, sehingga dalam menghadapi musim penghujan ini perlu adanya kesiapan dan kesigapan.
“Kita mengadakan latihan bersama dalam pengoperasian penyelamatan bencana banjir yang dimungkinkan musim penghujan ini cukup deras. Namun dari itu kita dari relawan telah mempersiapkanya, dimana sewaktu-waktu diperlukan di dalam penanganan banjir di Ponorogo,” ucap Hery.

Disebutkanya, ada beberapa titik rawan banjir di wilayah Ponorogo. Di antaranya Kecamatan Bungkal, Balong, Slahung, dan Sukorejo. Beberapa titik rawan banjir itu perlu penanganan yang serius.@arso


 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Lintas_Daerah pada 03.04. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PENGUNJUNG ONLINE


Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim Datadiri Anda ke lintas@ymail.com.

Bagi temen - temen yang menginginkan wilayahnya mempunyai blog tersendiri, kami akan membuatkan blog sesuai nama daerah temen tinggal, asal temen - temen bersedia untuk mengisi blog yang temen minta.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

2010 Lintas PONOROGO. All Rights Reserved. - Designed by Lintas ponorogo