Awas! Ada Penyakit Kencing Tikus!

PONOROGO - Hati-hati dengan kesehatan anda! Karena kini, selain DBD, di Ponorogo sedang mewabah penyakit leptospirosis atau penyakit kencing tikus. Dari mulai Januari 2013 sampai Maret, ditemukan 17 kasus yang berhubungan dengan leptospirosis. Ini berbanding jauh dengan tahun 2012 yang hanya ada 26 kasus penyakit kencing tikus dengan seorang meninggal dunia selama setahun.

Kabid P2PL (Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Ponorogo, Pretty Brilliant, mengkhawatirkan penderita penyakit kencing tikus akan terus bertambah. Ini di dasari dari jumlah penderita sepanjang trimester awal 2013 yang sudah mencapai puluhan.

Catatan dari Dinkes Ponorogo, penderita kencing tikus kebanyakan berasal dari petani dan penambang pasir. Ini disebabkan karena dua pekerjaan itu bersinggungan langsung dengan tempat basah/becek, yang merupakan tempat utama berkembangnya leptospirosis, yang disebarkan oleh tikus dari kotoran dan air kencingnya.. Kebanyakan dari mereka terkena penyakit ini karena tidak memakai alas kaki saat bekerja.

Leptospirosis merupakan zoonosis, yakni penyakit pada hewan yang ditularkan ke manusia lewat bakteri leptospira. Orang yang memiliki luka di kulit dan terendam air kotor beresiko tinggi terkena penyakit ini.

Gejala awal leptospirosis adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri perut, mual dan nyeri otot betis. Gejala lebih lanjut adalah pembesaran hati, gangguan ginjal, dan gangguan pernafasan. Pada beberapa kasus, leptospirosis dapat menyebabkan kematian.

Menurut Pretty, penyebab utama penyakit ini adalah tikus, namun tidak menutup kemungkinan hewab ternak pun bisa menjadi penyebab. Sapi, kucing bahkan anjing dan kucing bisa menjadi penyebar penyakit ini. Salah satu pencegahan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan kandang hewan. Tidak lupa dengan memakai alas kaki dan sarung tangan bagi pekerja yang bekerja di tempat kotor.

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Lintas_Daerah pada 15.37. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PENGUNJUNG ONLINE


Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim Datadiri Anda ke lintas@ymail.com.

Bagi temen - temen yang menginginkan wilayahnya mempunyai blog tersendiri, kami akan membuatkan blog sesuai nama daerah temen tinggal, asal temen - temen bersedia untuk mengisi blog yang temen minta.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

2010 Lintas PONOROGO. All Rights Reserved. - Designed by Lintas ponorogo